Cara Membuat ReadMore


Kita mungkin pernah membuat atau melihat suatu postingan yang isinya panjang atau memiliki jumlah karakter kalimat yang sangat banyak, dan hasil tulisan tersebut pastinya akan memakan tempat dan membuat blog terlihat tidak rapih karena postingan yang panjang tersebut, kerugian yang lainnya adalah, pengunjung akan merasa cepat bosan karena melihat bacaan yang panjang pada halaman “Home” blog anda tentunya, padahal pengunjung adalah point penting untuk menaikkan “PR(PageRank)” sebuah Blog, Betul?!dan pasti anda tidak ingin kehilangan pengunjung hanya karena tidak mengetahui cara membuat ReadMore.

Untuk membuat ReadMore pada WordPress caranya sangat mudah sekali, hanya tinggal klik maka jadilah ReadMore itu sendiri, karena pada WordPress sendiri telah disediakan fasilitas ReadMore atau baca selengkapnya, jadi disini kita akan memotong sebuah postingan, sehingga yang terlihat pada menu Home hanyalah sebagian postingan saja, tapi itu bukan berarti postingan tersebut akan menjadi terpotong, karena apabila pembaca/pengunjung/siapapun dia yang membaca postingan anda ingin membaca kelengkapan cerita / artikel yang telah anda buat, maka pembaca bisa meng’klik tulisan “ReadMore” atau apabila blog anda berbahasa Indonesia maka menjadi “Baca Entri Selengkapnya”, dan postingan pun akan muncul semuanya tanpa ada bagian yang terpotong sama sekali. Sampai disini apakah anda sudah paham tentang ReadMore?

Sudahkah anda siap untuk memperbaiki postingan-postingan anda yang belum diberi Tanda ReadMore?!kalau sudah, maka lansung saja kita pelajari langkah-langkahnya.

Langkah-langkah membuat ReadMore yaitu :

1. Masuklah kedalam Dashboard.

2. Klik menu Tulisan (Post), kemudian klik Sunting(Edit), ini untuk meng’edit tulisan yang sudah jadi, namun belum diberi ReadMore pada tulisan tersebut, apabila anda ingin tulisan baru anda yang diberi ReadMore, maka anda bisa mengikuti langkah selanjutnya.

3. Akan tampil postingan anda, dan lihatlah pada sudut kanan atas postingan anda ada menu Visual dan HTML.klik’lah menu HTML.

4. Beri jarak(space) pada postingan anda yang ingin anda beri ReadMore dengan cara menekan tombol enter pada keyboard anda. Lihat gambar :

5. Letakkan cursor (tanda awal pengetikan) pada area atau jarak yang sudah anda buat tadi pada langkah 4, apabila anda sudah memastikan cursor sudah berada pada area tersebut, maka lalu klik’lah tombol “more” pada menu suntingan yang berada tepat diatas postingan anda, nantinya pada tulisan anda secara otomatis akan diberi script ReadMore, dengan tanda more–>. Lihat Gambar :

6. Klik Perbarui Tulisan (Publish).

7. SELAMAT, anda telah berhasil membuat ReadMore pada postingan anda, lihatlah hasilnya, jika anda telah mengikuti Langkah-langkah membuat ReadMore yang telah saya jelaskan tadi.

Berilah ReadMore pada setiap postingan anda, apabila anda merasa malas, ingatlah bahwa pengunjung/pembaca senantiasa menilai blog yang dia kunjungi, dan tentunya andapun ingin blog anda terlihat lebih rapih agar terkesan nyaman saat kita melihat-lihat isi Blog, karena Blog adalah rumah bagi para Blogger.

Selamat Belajar, dan banyaklah Berkarya..

Posted on July 13, 2011, in Creative and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. abr4mz@gmail.com

    bapak tio kalau saya mau jadi member suatu blog seperti blog bapak gimana caranya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • %d bloggers like this: