Touch Screen


Layar sentuh atau touch screen digunakan di hp, ATM, televisi di pesawat terbang, alat penunjuk arah dan lokasi di mal. , dan sebagainya. Menyentuhnya mudah. Tapi, semudah itukan mengetahui yang ada di baliknya?

Layar sentuh memiliki 3 komponen utama, yaitu :

1. Touch sensor atau sensor sentuh adalah lapisan penerima sentuhan dari luar dari luar monitor. Letaknya di bagian terdepan dari layar sentuh. Sensor ini sangat peka terhadap sentuhan. Ketika disentuh, sensor ini menangkap adanya perubahan arus dan sinyal listrik. Lalu,
sensor ini merekam perubahan tadi dan mengirimkannya pada pengontrol.

2. Controller atau pengontrol adalah penghubung antarasensor dengan prosesor komputer. Ketika sensor merekam sentuhan, datanya diteruskan ke pengontrol. Kemudian, pengontrol pengolah data tadi agar dapat dierima prosesor komputer. Lalu, prosesor memproses lagi data itu. Selanjutnya, data dikirim kembali ke pengontrol. Akhirnya, data menjadi informasi yang ditampilkan di layar monitor.

3. Sofware driver adalah sofware atau perangkat lunak yang diinstal pada komputer. Tugasnya, mengatur agar layar sentuh dan komputer dapat bekerja sama. Caranya dengan mengatur prosesor komputer untuk mengolah data dari pengontrol.

Jenis-jenis layar sentuh :

Capacitive
Layar sentuh ini memanfaatkan arus listrik dari tubuh manusia. Ketika jari menyentuh layar, terjadi perubahan arus listrik. Perubahan ini dikirim ke sensor sentuh. Lalu, diteruskan ke pengontrol. Layar sentuh ini hanya bekerja dengan sentuhan jari. Kalau disentuh benda-benda lain seperti kuku jari dan stylus, layar ini tidak bereaksi.

Resistive
Jenis layar sentuh ini memiliki beberapa lapisan. Tapi, ada 2 lapisannya yang terpenting. Jarak antar kedua lapisan itu dekat sekali. Jika layar disentuh atau ditekan, kedua lapisan itu akan bersentuhan. Akibatnya, membangkitkan arus listrik. Arus listrik itu menandakan letak posisi sentuhan. Selanjutnya, arus listrik itu dikirim ke pengontrol untuk diproses. Layar sentuh ini dapat disentuh jari, kuku jari, stylus, dan lainnya. Sayangnya, kadang kurang peka sehigga perlu lebih ditekan. Oiya, stylus itu benda mirip polpen yang digunakan pada layar sentuh.

Surface Acoustic Wave
Layar sentuh ini menggunakan gelombang ultrasonik yang melewati layar sentuh. Ketika lapisan layar disentuh, sebagian gelombang akan terserap. Perubahan gelombang itu menandakan letak posisi sentuhan. Kemudian, perubahan gelombang dikirim ke pengontrol untuk diproses.

Layar sentuh dikembangkan lagi supaya lebih canggih. Maka, diciptakanlah layar multi sentuh atau multi-touch screen. Multi kan, artinya banyak. Jadi, layar ini dapat disentuh lebih dari 1 jari. Bahkan, bisa disentuh puluhan jari dari tangan orang yang berbeda-beda secara bersamaan.

Dengan layar multi sentuh, kita bisa membesarkan, mengecilkan, mengubah posisi, dan memindahkan posisi obyek pada layar monitor. Obyeknya misalnya foto atau games. Layar multi sentuh dipakai di hp, komputer, MP3 player, dan lainnya. Selain itu, ada pula yang berupa meja kaca.

Pada dasarnya, teknologi layar multi sentuh sama dengan teknologi layar sentuh 1 jari. Hanya saja, ditambah sistem-sistem lain yang bereaksi saat disentuh banyak jari. Setiap layar multi sentuh punya sistemnya masing-masing. Misalnya, ada yang ditambahkan sistem kamera di bagian dalam layar. Lalu, ada yang menggunakan sinar infra merah. Ada pula yang memakai pemancar khusus di permukaan layar.

Posted on July 14, 2011, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. keren!!>w</
    brarti hape gue canggih ya…xDD

  2. HP abdi juga.. Hahaha, bisa sombong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • %d bloggers like this: