Cara Memasukkan Atau Memasang Gambar Pada Widget


Bagi para blogger yang menggunakan wordpress kadang sering tidak tahu bagaimana mendandani widget agar terlihat cantik, seperti memasukan gambar/logo, script iklan, akun facebook, twitter, bot, juga pernak pernik lain, sehingga blog terkesan hidup, namun anda wajib mewaspadai bahwa kebanyakan script justru tidak baik bagi loading blog. Walau secara prinsipan hanya diisi script namun beberapa widget yang berupa gambar ternyata mempengaruhi loading blog, gambar tersebut diload ketika anda membuka sebuah halaman. Jadi untuk mendandani widget lebih baik batasi saja yang penting, tidak usah terlalu bejibun sehingga merugikan pengunjung. Animasi apalagi lebih baik tak usah dipasang, kecuali anda mentargetkan pengunjung yang mempunyai akses internet broadband.

Untuk tutorial ini saya akan menggunakan akun wordpress saja di http://gendhars.wordpress.com, untuk segeralah meluncur ke bagian Appearance/Tampilan dan klik widget. Jika anda menggunakan theme 3 kolom anda bisa melihat anda widget untuk Right dan Left. Namun saya hanya menggunakan 2 kolom saja. Cara memasukan gambar, script iklan, bot dan lain lain di widget menggunakan Text.

Terkadang kita ingin sekedar narsis di blog kita dengan pasphoto, setidaknya agar kita dikenal pengunjung. Untuk tahap pertama kita akan memasukan photo kita ke dalam widget atur agar photo anda bisa masuk dalam kotak widget, ukuran yang disarankan lebih pada lebarnya, bukan panjangnya. karena widget membatasi lebar. Misal saya ingin memasang sebuah photo artis kesukaan saya. Photo tersebut kita taruh di media storage photo seperti photobucket.com dam kita ambil direct linknya. Lebar yang disarankan sekitar 200 pixel.

Script text menggunakan kode HTML, jadi anda harus membuatnya berscrpit HTML, waduh ! nggak usah panik, wordpress menyediakn cara membuat script anda hanya cukup melakukan drag and drop dan klik tab HTML jadilah script. Untuk itu buatlah naskah baru, kita memakai cara ini agar lebih gampang. Setelah anda berada dalam lembar kerja menulis sebuah posting baru klik saja pada Upload/Insert (Unggah/Sisipkan) klik saja pada bagian insert gambar.

misal pada photobucket.com saya memasukan photo Tamara Bleszinsky dengan direct link sebagai berikut :

Nah direct link itu dimasukan lewat unggah/upload dengan memilih tab from URL, kemudian pada Image URL masukan direct link tersebut dan beri judul terserah anda.

Jika sudah masuk anda cukup mengklik tab HTML di sebelah kanan, berseberangan dengan Upload/Unggah. Jika anda mengklik HTML maka gambar tersebut akan lenyap dan berubah menjadi kode HTML. Nah kode ini kita blok dan copykan ke widget Text tadi setelah itu anda simpan. Lalu lihatlah halaman depan blog anda maka gambar akan muncul.

Untuk memasukan script kode HTML seperti bot bot, baik bot dari google, yahoo, technorati dan kumpul bloger konsepnya sama saja menggunakan widget Text, namun anda lebih baik mengatur tata letak dengan menggeser widget.

Posted on November 7, 2011, in Creative, Daily and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • %d bloggers like this: