Macam-macam Blog Gratis


Tulisan ini merupakan kelanjutan dari “Tips Memilih Blog?” . Melalui tulisan ini, saya ingin membahas beberapa macam free blog yang ada di internet. Pilihan mana yang terbaik saya serahkan kepada para pembaca sekalian karena tiap-tiap orang memiliki ‘selera‘ masing-masing. Baik segera saja kita mulai!

1. WordPress.com

Sebenarnya WordPress itu ada dua tipe. Pertama adalah yang ada di WordPress.com yang kapasitasnya sekitar 50 MB. Untuk mendapatkannya Anda cukup sign up ke WordPress.com dan mengikuti langkah-langkah yang ada. Cukup mudah dan cepat. Selain WordPress.com ada pula yang beralamatkan di WordPress.org. Untuk mendapatkannya, Anda harus mendownload terlebih dahulu baru kemudian melakukan instalasi di web server yang Anda miliki. Kapasitasnya tergantung seberapa besar web hosting yang Anda sewa. Antara yang pertama dan kedua ada perbedaan yang amat mencolok yaitu di sisi kustomisasi. Di WordPress.com, Anda tak bisa mengedit theme yang Anda gunakan karena emang di sana tak disediakan fasilitas theme editor sebagaimana kalau Anda menginstall WordPress di web server Anda sendiri. Selain itu, Anda pun tak bisa menambahkan aneka plugin sebagai pelengkap sebab WordPress.com juga tak menyertakan plugin editor dan fasilitas untuk meng-upload plugin yang ada di internet. Fasilitas yang ada di WordPress secara umum sudah lumayan lengkap. Ada fasilitas upload file (pdf, doc, file gambar, exe dll), penggantian bentuk link, pembuatan blogroll, penggantian theme/plugin, multi user dan sebagainya. Satu lagi yang unik dari WordPress adalah ketika kita udah login di account WordPress, maka ketika kita akan memberikan komentar ke blog orang lain yang memakai WordPress juga, kita tak perlu menuliskan nama, alamat blog dan email karena udah otomatis sehingga menghemat waktu.

2. Wokaylah.com

Wokaylah.com dibangun dengan blog engine yang sama dengan WordPress sehingga tampilan keduanya sangat mirip sekali (kalau tak mau dibilang sama). Yang beda mungkin adalah logo WordPress yang udah diubah menjadi logonya wokaylah serta format alamat blog yang akan kita dapatkan nantinya. Kalau di WordPress.com, alamat blog Anda adalah NAMA-ANDA.wordpress.com sedangkan di wokaylah.com alamat blog Anda adalah NAMA-ANDA.wokaylah.com. Semua fasilitas yang ada di WordPress, hampir semuanya ada di wokaylah.com. Perbedaan yang lumayan mencolok adalah kalau di wokaylah.com fasilitas seperti theme editor dan plugin editor masih bisa kita gunakan sehingga tampilan blog kita lebih mudah untuk diutak-atik sesuai keinginan kita. Namun sperti juga WordPress.com, wokaylah.com juga tak menyediakan fasilitas untuk meng-upload theme dan plugin baru sehingga terpaksa harus menggunakan yang udah disediakan secara default oleh pihak wokaylah.com. Bagi yang udah biasa makai WordPress pasti tak akan kesulitan memakai blog ini.

3. Blogger/blogspot

Blog gratisan yang satu ini tak perlu dibahas lebih dalam lagi karena emang udah sangat terkenal dan dipakai secara luas. Namun saya sendiri kok tak begitu tertarik dengan blog yang satu ini. Maklum aja, sejak awal tampilannya saya tak begitu tertarik. Entah mengapa kok lumayan banyak juga orang yang memakainya. Mungkin karena cukup mudah dan simpel. Apa karena orang-orang udah tahu bahwa blog yang satu ini udah dibeli oleh Search Engine Terkemuka, Google.com ataukah karena anggapan mayoritas orang Indonesia bahwa kalau air minum dalam kemasan itu ya Aqua dan kalau e-mail itu ya Yahoo! …. entahlah🙂. Satu hal aja yang perlu Anda ingat ketika Anda mendaftar di blogger.com maka alamat blog Anda bukannya NAMA-ANDA.blogger.com akan tetapi NAMA-ANDA.blogspot.com, mengapa begitu? Saya sendiri juga tidak tahu???

4. Blogster.com

Dilihat dari namanya, nampaknya Blogster.com ingin mengikuti jejak kesuksesan Friendster.com. Tapi apakah blogster.com udah sesukses Friendster.com ataukah belum, saya sendiri tak begitu yakin akan hal itu. Mengapa? Ya, menurut saya dengan menempatkan iklan di blog milik anggotanya itu sudah merupakan suatu tindakan yang cukup mengganggu. Meskipun kita semua juga sadar bahwa barang gratisan itu memang selalu ada konsekuensinya. Namun, kalau ada yang gratisan yang lebih ‘bagus‘ mengapa tak dimanfaatkan???

5. Blog Rediff (Rediffland.com)

Layanan Rediffland merupakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan ketika kita udah mendaftar account e-mail yang kapasitasnya diklaim ‘unlimited‘ yaitu Rediff.com. Anda bisa memakai user name dan password Rediff.com untuk membuat blog Rediffland. Secara tampilan, blog Rediffland sangat biasa sekali dan malah terkesan sangat ‘kuno‘. Untuk menullis posting saja langkah-langkah yang harus dilalui sangat bertele-tele dan tak efisien menurut saya. Tapi kalau Anda ingin sesuatu yang aneh, bisa saja mencoba yang satu ini.

6. Blogsome.com

Bagi Anda yang ingin melihat WordPress yang udah ‘dirombak habis-habisan‘ maka blogsome.com merupakan pilihan yang tepat. Blogsome.com bisa dikatakan merupakan turunan dari WordPress dengan berbagai penambahan dan pengurangan di sana sini. Perombakan yang menurut saya agak menyebalkan adalah soal Category. Saat menggunakan WordPress kalau mau menambah suatu Category pada saat menulis suatu posting, maka kita tinggal mengetikkan nama Category di menu bagian kanan lalu klik Add atau dengan menekan tombol Enter. Akan tetapi kalau Anda ingin membuat Category di blogsome.com maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu sebelum masuk ke menu untuk menulis posting karena saat Anda menulis suatu posting yang dapat Anda lakukan adalah memilih Category yang telah Anda buat sebelumnya dengan memberikan tanda centang pada Category yang dimaksud. Cukup merepotkan bukan? Salah satu kelebihan blogsome.com dibandingkan WordPress.com adalah masih disertakannya fasilitas mengedit theme (theme editor). Namun untuk mencapainya, sedikit berbeda dengan wordpress.com dan wokaylah.com yaitu Anda klik Manage> Files. Meskipun bisa diedit, tapi koleksi theme yang disediakan cukup tebatas dan variasinya kurang. Soal tampilan sih sangat subjektif. Silahkan Anda nilai sendiri.

Sebenarnya di internet masih banyak sekali blog gratisan yang bisa Anda coba dan gunakan,baik itu yang tinggal daftar lalu bisa langsung digunakan seperti Tblog.com, Blog.co.uk, iBlog.com, Blogdrive.com, Blogspirit.com, multply.com ataupun yang harus di-download dahulu lalu dipasang di server seperti Movable Type, SBlog, atau BBlog. Intinya kalau Anda ingin nge-blog, maka sangat banyak pilihan yang bisa Anda coba. Jadi, sudahkah Anda mempunyai blog sendiri di internet? Saya sendiri lebih memilih wordpress karena memiliki tampilan yg lebih baik dan rapih walaupun banyak kelebihan lainya maupun kekurangannya.. Silahkan d pilih sobat, met blogging🙂

Posted on January 5, 2012, in Creative, Daily and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • %d bloggers like this: